Skip to content

Aneka Penyakit Akibat Pemanasan Global

Desember 17, 2009

Aneka Penyakit Akibat Pemanasan Global

Secara teori, akibat pemanasan global tidak berhubungan langsung dengan masalah penyakit menular. Tapi dampak lanjutan dari suhu bumi yang memanas tersebut berpotensi meningkatkan populasi pertumbuhan nyamuk sebagai penyebar penyakit dan bahkan memicu munculnya penyakit menular baru.

Sejumlah penelitian menyebutkan, suhu udara yang meningkat dapat memperluas wilayah terbang nyamuk dan membuat nyamuk bertahan hidup lebih lama. Ini yang menyebabkan wabah penyakit menjadi lebih luas.

Berikut ini beberapa penyakit yang muncul akibat pemanasan global :

  • Stroke
    Peningkatan suhu udara memunculkan gelombang panas yang berbahaya yang dapat menimbulkan serangan heat stroke, kondisi serius yang dapat menyebabkan kematian atau cacat apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.
  • Berbagai Penyakit Kulit
    Perubahan iklim menyebabkan adanya perubahan radiasi sinar ultraviolet. Paparan ultraviolet secara terus menerus menyebabkan reaksi penuaan dini atau munculnya flek-flek pada kulit. Selanjutnya bisa juga memicu munculnya sel prekanker, muncul benjolan pada kulit yang besarnya bervariasi. Dan ini bisa berkembang menjadi tumor jinak, bahkan kanker kulit.
  • Diare
    Pemanasan global meningkatkan curah hujan, yang menyebabkan terjadinya banjir. Akibatnya, ketersediaan air bersih menjadi terbatas. Kualitas air yang buruk dan tercemar dapat memunculkan penyakit pada saluran pencernaan, seperti diare.
  • Chikungunya
    Virus Chikungunya termasuk arbovirus dari genus Alphavirus. Bentuknya bulat dikelilingi duri. Pembawa virus bisa ditubuh manusia, primata, mamalia lain dan burung. Penyebar penyakit adalah nyamuk Aedes aegypti.
  • Demam Berdarah
    Penyakit demam berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang mengandung virus Dengue.
  • Malaria
    Malaria ditularkan oleh nyamuk Anoples. Kira-kira 10 hari pasca gigitan nyamuk, virus malaria masuk kedalam aliran darah.
  • Radang Otak
    Disebabkan oleh West Nile Virus, yang disebabkan oleh nyamuk. Tempat hidup virus ini ada pada burung lalu dipindahkan oleh nyamuk.
  • Japanese Encephalitis
    Ini merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang susunan syaraf pusat. Virus ini disebarkan oleh nyamuk (mosquito-borne viral disease) dengan perantara hewan. Pada April 1995, berkembang isu adanya penyakit ini di Bali.
  • Filariasis atau Kaki Gajah
    Penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria. Ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Di Indonesia, penyakit kaki gajah tersebar luas di hampir seluruh propinsi.
  • Demam Berdarah dengan Gejala Ginjal
    Penyakit zoonis akut yang disebabkan oleh hantaan virus (terutama Asia) dan Virus Dobrava (Balkan). Infeksi virus hantaan pada manusia termasuk salah satu penyakit baru di Indonesia, bersama cholera O 139, avian influenza (flu burung) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
  • Flu Burung
    Penyebab virus influenza tipe A yang menyebar antar unggas. Perubahan iklim turut mempercepat penyebaran virus flu burung. Cuaca yang sering berubah-ubah merupakan sarana terbaik berkembangnya virus flu burung dalam tubuh unggas, sehingga penyebarannya bisa lebih cepat.
  • Kolera
    Penyakit infeksi saluran usus bersifat akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholera. Bakteri ini masuk ke tubuh seseorang melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.
  • SARS
    Sindrom pernafasan akut berat yang disebabkan oleh virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Pemanasan global mengakibatkan penyebaran virus ini meningkat.
  • Leptospirosis
    Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira yang menyerang hewan dan manusia. Manusia terinfeksi bakteri leprospira melalui kontak dengan air, tanah atau tanaman yang telah dikotori oleh air seni hewan penderita leptospirosis.

Sumber : Koran Tempo

3 Komentar leave one →
  1. Desember 19, 2009 9:17 am

    masa sih enchepalitis dipengaruhi oleh pemanasan global?

    *kata berita, begitu bos*

  2. Februari 27, 2010 1:32 am

    ro nama hape ajal ni hasiangan on ate, lae.

  3. Juni 27, 2012 12:12 am

    Hello there I like your blog. Would you like to guest submit on my own someday? If so make sure you tell me by way of e-mail or just answer this particular opinion simply due to the fact I subscribed to announcements and can realize if you do.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: