Skip to content

9 Teknik Menghindari Pikiran Negatif

Maret 20, 2009

Pernahkah Anda berfikir negatif? Terutama ketika terjadi hal diluar rencana, kita dengan mudah akan merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut.

Berfikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membawa perasaan tambah buruk, yang akan berakibat performa kita mengecewakan. Hal ini akan bisa menjadi seperti lingkaran yang tidak berujung.

Jessica Padykula menyarankan sembilan teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif yaitu: 

1. Hidup di saat ini :

 Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran anda akan terkungkung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hnya masa kini yang dapat kita kontrol. 

2. Katakan hal positif pada diri sendiri

 Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari ini, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri. 

3. Percaya pada kekuatan pikiran positif.

 Jika Anda berfikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berfikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usaha Anda sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik. 

4. Jangan berdiam diri.

 Telusuri apa yang membuat Anda berfikiran negatif, perbaiki dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak dapat diperbaiki lagi, berhenti menyesal dan mengeluh karena hal itu akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut dan kembali maju. 

5. Fokus pada hal-hal positif

 Ketika kita sedang berfikiran negatif seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah misalnya lima hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti hari yang cerah atau makan siang hari ini menakjubkan dengan seseorang.

Selama Anda konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berfikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.. 

6. Bergeraklah

 Berolahraga akan melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan mengelilingi blok atapun berlari 10 kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga 15 menit dapat membuat Anda merasa lebih baik. 

7. Hadapi rasa takutmu.

 Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin  banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita. 

8. Coba hal-hal baru.

 Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan ya pada kehidupan, Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Pengalaman baru, kecil atau besar membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna. 

9. Ubah cara pandang

 Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan. 

Demikian dan semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

estr

28 Komentar leave one →
  1. Maret 21, 2009 6:36 am

    Nice tips🙂.

  2. Maret 21, 2009 7:32 am

    yeah om, memang perlu banget ngusir fikiran negatif itu. saya udah lama coba dan masih belum sukses betul. tipsnya layak dicoba nih.

    *Coba lagi…..pasti bisa*

  3. Maret 21, 2009 7:33 am

    menarik bang tulisanya

    *Mauliate Bos*

  4. Maret 21, 2009 6:00 pm

    Saya tambahkan satu point ya Lae🙂
    Point 10. Pikiran negative juga dapat di usir dengan iman

    *Makasih Lae, sorry lama nggak singgah di blog Lae.*

  5. Maret 21, 2009 7:37 pm

    nambahin juga nih, berteman dan berkumpul sama orang orang yang berpikir positif juga akan membantu kita selalu senantiasa menjaga ke positifan kita,

    *Iya betul!, makasih atas semuanya*

  6. Maret 22, 2009 4:36 pm

    Abang ini lama tak Datang…ke tempat saya…Semoga sehat-sehatlah.

    *Iya Pak sehat2 aja dan bukan cuma Bapak tidak saya kunjungi, tapi semua teman2 tidak ada saya kunjungi seperti biasa lebih satu bulan…krn ada sesuatu hal. Makasih Pak*

  7. Maret 25, 2009 1:19 pm

    Aduh tanggung hian lae 9, usahahon lae ma jolo sada nai ate..hahaha
    Horas ma ate nunga songon naleleng naso markombur hita dahhhh

  8. Maret 27, 2009 9:30 am

    memandang gelas yg agak kosong dgn “setengah isi” bukan “setengah kosong”.

    tapi nya yaaahhh, menurut aku, pikiran negatif itu ga selalu harus dihindari loh.
    ada gunanya juga, supaya kita lebih waspada dan berjaga2.
    orang yang selalu berpikir positif kemungkinan akan resisten terhadap rasa takut. padahal rasa takut itu juga kan penting. menyadarkan bahwa kita lemah dan butuh pertolongan dr yg lain.

  9. goklas sinurat permalink
    Maret 30, 2009 9:47 am

    aku nggak sanggup lg menanggapi tulisannya lae???

  10. April 7, 2009 9:54 am

    absen dulu bang!!
    heheheh….. dah lama ni gak ngeblog.

  11. April 9, 2009 3:22 pm

    Ceritakan yang baik-baik saja (holan nadenggan i do si paboa-boaon) dalam konteks yang umum.

  12. April 12, 2009 12:58 am

    wah udah lama nih ga mampir. apa kabar lae?

  13. April 12, 2009 4:45 pm

    selamat merayakan paskah…

  14. sesiL permalink
    April 12, 2009 4:53 pm

    trimakasih… sangat membantu saya…

  15. April 29, 2009 2:05 pm

    I like this….and i hope bisa melaksnakan

  16. Juni 6, 2009 11:41 pm

    helpfully, thanks

  17. Juni 10, 2009 6:27 pm

    berpikir negatif itu melelahkan…. dan merugikan.. terimakasih telah mengingatkan..

  18. Juli 13, 2009 11:03 am

    Bah, leleng nai na marbatabuni i, katua?

  19. Juli 13, 2009 5:59 pm

    Tehnik menghindari sudah diurai…gimana yaj tehnik mengatasi kalau sudah terserang penyakit ini.
    Eh… lama nian tak basou lae…

  20. Agustus 22, 2009 5:23 pm

    Bah …. mantap juga untuk dipraktekkan ya ….

    Kucoba dulu ah … biar berkurang yang negatip-negatip dari pikiranku .

    Horas !

    *Lanjutkan!*

  21. September 23, 2009 11:39 am

    9 teknik menghindari terlalu lama gak udpdate blog:

    1. Jangan hanyut di FB
    2. Hehehe.

    *Hahaha…siap bos*

  22. twoar permalink
    November 17, 2009 3:20 pm

    ur ARTICLE IS SO NICE. N i’D LIKE TO PERMIT USE UR ARTICLE ON mY FB. THANKS.

    *Thanx..bro*

  23. April 6, 2010 2:35 am

    thanks..atas .infonya..berguna banget..buat saya….lagi down..nih.

  24. Lenty Indak permalink
    November 19, 2010 9:27 am

    Ia ni,.bagus banget triknya tu……….emang aku coba terus, gak bisa pula tuk ilangin. kemananya lagi mau ku coba. tks banget……….

  25. zainal permalink
    Oktober 31, 2011 10:09 pm

    saya kadang2 berfikiran negatif pada kekasih saya, so macam maner ek.?

  26. Juni 27, 2012 11:50 pm

    Very nice style and wonderful written content , hardly anything else we require : D.

  27. Oktober 30, 2012 5:37 am

    Hello there! This post could not be written any better!
    Reading through this post reminds me of my good old room mate!
    He always kept talking about this. I will forward this post to him.
    Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!

    Tamika

Trackbacks

  1. [copas] 9 Teknik Menghindari Pikiran Negatif « Webee Punya Cerita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: