Skip to content

Hak Penumpang Saat Pesawat Terlambat

Januari 6, 2009
pesawat-sore

PMH (Penerbangan Malam Hari)

Pesawat terlambat tanpa penjelasan dari operator penerbangan/maskapai penerbangan, merupakan hal yang sering kita baca dalam kolom pengaduan atau kolom komentar dibeberapa media cetak di Indonesia bahkan mungkin sering dialami oleh anda sendiri para pengguna jasa penerbangan.

Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi lagi apabila maskapai penerbangan konsekuen dalam penerapan Keputusan Menteri Perhubungan RI No.25 Tahun 2008 (KM No.25 Tahun 2008) tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara, yang  sudah mulai berlaku pada bulan Juni tahun 2008 lalu.

Dalam KM tersebut, ada beberapa kewajiban maskapai penerbangan  untuk memberikan pelayanan kepada penumpang yang hubungannya dengan keterlambatan atau pembatalan jadwal penerbangan karena masalah dalam maskapai penerbangan sendiri. Kewajiban tersebut adalah :

1. Untuk keterlambatan, maskapai penerbangan harus memberikan                          kompensasi pada penumpang :

  • 30 – 90 menit, penumpang mendapatkan makanan kecil dan minuman.
  • 91 – 180 menit, penumpang mendapatkan makanan ringan, minuman    serta makanan (besar) dan melakukan pemindahan ke                                  penerbangan/maskapai lain apabila penumpang menginginkan dan        memungkinkan untuk itu.
  •  Lebih dari waktu diatas, maskapai harus memberikan akomodasi dan    memprioritaskan penumpang bersangkutan untuk penerbangan hari    berikutnya.
  • Jika penumpang memutuskan tidak jadi berangkat karena                            keterlambatan/pembatalan tersebut, maskapai harus mengembalikan  harga tiket sesuai harga pembelian.

2.  Untuk pembatalan penerbangan, penumpang sudah harus diberitahukan         setidaknya 45 menit sebelum jadwal, baik melalui SMS, Telepon dan                   media lainnya.

Apabila anda tidak memperoleh layanan seperti yang diuraikan diatas, anda dapat menghubungi hotline pengaduan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui SMS di nomor 08111004222 atau lewat email hubud@dephub.go.id atau mengisi formular online pada website Ditje Hubud di www.hubud.dephub.go.id atau pada penyedia jasa Bandar Udara.

6 Komentar leave one →
  1. nun1k04a permalink
    Januari 7, 2009 2:39 pm

    Promosikan artikel anda di ‘www.infogue.com’. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur cinema, musik, game_online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://nasional.infogue.com/hak_penumpang_saat_pesawat_terlambat

  2. Januari 7, 2009 3:14 pm

    wah baru tau nih..

    http://www.hargaku.com
    *Terimakasih atas kunjungannya, mudah2an isi blog ini bermanfaat bagi anda*

  3. Januari 7, 2009 7:31 pm

    Info yang sangat penting, walaupun masih lama mau pulang kampung.

    Btw, kalo Muara Nauli Airways nanti massam2 akan kuadukan ke DepHub. Siap2 lah ito… wakakakkk

    *Klo MNA ito terlambat alani na martolor do i, terserah Ito ma…molo ingkon laporhononmu alani na martolor😀, tumabo do manjou ito, ternyata!*

  4. Januari 7, 2009 8:14 pm

    pernah ada kejadian yang lucu lae…
    waktu itu saya mau kembali ke makassar dari jakarta, naik lion air. pas check in saya disodori voucher utk masuk lounge..saya pikir koq tumben2an dikasih voucher, ternyata emang bener, terlambat 2 jam dari schedule..hahahaha…

    horas,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    *Hahaha…dikirain pelayanan extra ya Lae?. Klo spt itu kita masih enaklah..diperhatikan*

  5. Januari 9, 2009 7:36 pm

    Juga harus bertanggung jawab pada urusan transit terutama pada pesawat yang berbeda. (saya mengalami hal spt ini beberapa kali ketika bepergian di LN. Semua biaya termasuk penginapan bila perlu karena ketinggalan pesawat, termasuk urusan pada pesawat lain diurus dan ditanggung oleh maskapai penerbangan yang terlambat itu)

    *Kalau ada hal yang kita temui dilapangan tidak sesuai dgn prosedur yg ada, sebaiknya kita aktif juga mengadukan ke nomor yg disediakan, kalaupun tidak ditindaklanjuti pd saat itu juga setidaknya sdh ada masukan bagi Dirjen Perhud untuk perbaikan di masa yad. Mudah2an penerbangan Indonesia makin maju dan aman dan tentunya dgn harga yg terjangkau spy lbh banyak lagi yg bisa menikmati ‘nikmatnya terbang’.*

  6. Januari 29, 2009 1:11 am

    aku setuju

    *Setuju juga Mas….kompetisinya😀*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: