Skip to content

Langkah (6) menuju Kebahagiaan Sejati

Desember 9, 2008

Atap – JALANI HIDUP YANG DI ILHAMI OLEH TUJUAN

Cahaya Inspirasi

Cahaya Inspirasi

Ada dua hari besar dalam kehidupan manusia, hari saat kita dilahirkan dan hari saat kita menyadari kenapa kita dilahirkan.

Orang bahagia akan merasa bahwa mereka ada di dunia ini untuk tujuan tertentu. Jadi, apa tujuan hidup kita? Tujuan hidup kita bukanlah pekerjaan atau profesi kita, namun jauh lebih besar dari hal tersebut. Tujuan itu mencakup niat untuk melakukan hal-hal yang bermakna dalam hidup kita, misalnya, berbagi cinta dan energi dengan cara menginspirasi orang lain untuk  menjalani kehidupan mereka sebaik mungkin, bisa menjadi guru, pemusik, sekretaris, dokter, tukang kebun dan lain sebagainya dan apapun pekerjaan anda, sukailah pekerjaan itu. Lakukan apa yang anda sukai dan sukai apa yang anda lakukan.

Tujuan hidup diibaratkan atap rumah bahagia. Apabila kita tidak memiliki tujuan berarti ‘atap rumah’ kita bocor, yang dapat mencurahkan ‘hujan’ perasaan tidak bahagia dalam setiap aspek kehidupan kita.

Ada 3 hal yang perlu kita perhatikan dalam menjalani hidup yang bertujuan :

1. Temukan yang anda dambakan.

Petunjuk yang membimbing anda ke tujuan yang unik dan bersifat perorangan sebenarnya tinggal anda minta. Yang perlu dilakukan hanyalah berhenti sejenak.

Luangkan waktu untuk meninggalkan sejenak kehidupan anda yang sibuk, lalu selidiki kondisi batin anda. Dengan sepenuhnya jujur dan berani, tanyai diri sendiri, “Apa yang kusuka ?, Apa yang sangat ingin kulakukan ?, Apa yang benar-benar penting bagiku ? Jawabannya adalah apa yang anda dambakan.

Sebagai ilustrasi, coba anda tuliskan dalam selembar kertas hal yang sama sekali tidak anda inginkan dalam hidup ini, lalu balikkan. Misalnya, “Dalam hidup yang menyenangkan, aku tak akan pernah mau berdekatan dengan orang yang suka berbohong, menipu dan mencuri”, balikkan kalimat itu menjadi, “Dalam hidup yang menyenangkan, aku akan selalu berdekatan dengan orang yang jujur, memegang teguh integritas dan suka memberi”, dan hal-hal lainnya yang anda sukai dan tidak anda sukai.

2.  Ikuti Inspirasi saat ini.

Jika kita sudah mengetahui dengan jelas hal-hal yang yang kita dambakan, kita akan diterangi oleh cahaya batin yang menunjukkan apa yang harus dilakukan setiap saat. Kita akan dibimbing menuju tindakan yang terinspirasi. Kita akan mengetahui apa yang ingin kita lakukan dalam hidup ini, tetapi kita mungkin tidak tahu bagaimana hal itu akan terjadi. Inspirasi akan membimbing kita menuju bagaimana.

Mengikuti inspirasi tidak berarti kita melakukan hal-hal yang mudah. Inspirasi memberikan kita keberanian dan kegigihan untuk melakukan apapun yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan kita, meskipun hal itu berat atau bahkan menakutkan. Apabila kita sudah terinspirasi, kita akan bertindak sesuai dengan tujuan batin kita, bukan karena kewajiban atau agar disetujui orang lain dan yang perlu kita lakukan adalah mengikuti terus arah “cahaya” yang ditunjukkan kepada kita. Kita dapat sepenuhnya mempercayai bahwa inspirasi itu membawa kita maju selangkah demi selangkah dengan “cahaya” kecil yang ditunjukkannya.

Dan yakinlah : “Jika kita terus memandang jalan yang disinari ‘cahaya’ inspirasi itu, peluang pasti akan datang di saat yang sama sekali tidak terduga”.

3. Berikan sumbangsih kepada sesuatu yang lebih besar daripada       diri sendiri.

Orang yang bahagia terbiasa memberikan sumbangsih kepada sesuatu yang lebih besar daripada dirinya dalam hidup ini dan selalu mencari dan menemukan cara untuk melayani.

Kita tidak harus menjadi orang kaya dulu untuk memberikan sumbangan yang memberikan hasil luar biasa. Bahkan memberi Rp. 100.000,- atau Rp. 200.000,- kepada ‘badan amal’ sudah dapat memberi makan seluruh keluarga dalam sepekan, membeli seekor sapi atau domba, membantu mendanai sebuah usaha kecil atau membeli benih untuk bercocok tanam, ini amat sangat berharga dan bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Memberikan sumbangsih kepada sesuatu yang lebih besar dari diri kita tidak selalu harus berupa uang, dapat juga berupa waktu, minat dan perhatian dan harus berasal dari perasaan gembira, inspirasi dan tujuan serta membantu mewujudkan kedamaian dan ketenteraman dalam hidup kita.

Langkah sebelumnya                                         Langkah selanjutnya

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: