Skip to content

Langkah (4) menuju Kebahagiaan Sejati

Desember 4, 2008

Tiang Tubuh – BAHAGIAKAN SEL TUBUH

Dampol TongosanMerasa bahagia bukan saja sekedar kondisi pikiran, melainkan juga kondisi tubuh. Bahkan tubuh kita dirancang sebenarnya untuk menunjang kebahagiaan kita. Tubuh kita dibangun dari zat-zat kimia tubuh dan otak yang menjadi landasan pengalaman positif. Otak, yang merupakan apotik 24 jam dalam tubuh kita untuk memasok zat kimia kebahagiaan setiap saat sesuka hati kita. Manakala sel tubuh kita bahagia, kita juga akan bahagia.

Stres merupakan perampas utama kebahagiaan dan kesehatan. Begitu banyak manusia yang dilanda stres dan kelelahan, namun tetap saja kita mengabaikan gejalanya dan terus saja aktif sepanjang hari. Kebanyakan dari kita berputar-putar saja seperti lebah yang mabuk karena kebanyakan minum kopi, merangkap-rangkap pekerjaan secara membabi buta, dan menyambar makanan sambil lari-lari kecil. Gaya hidup kita yang sarat stres akan menghambat kemampuan kita untuk menciptakan sel bahagia.

“Racun” lingkungan yang menghadang kita setiap hari, zat kimia dalam makanan olahan, pestisida dalam produk pertanian, udara dan air yang tercemar ikut mengambil bagian dalam menghambat pasokan sel bahagia dalam tubuh kita.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk membuat sel tubuh kita bahagia; menyanyi, mendengarkan lagu yang membuat kita rileks, membelai bulu hewan kesayangan, membiarkan tubuh dipijat, menikmati pelukan erat dari yang kita sayangi, berkebun bahkan sekedar tersenyum, dapat meningkatkan sel kebahagiaan kita. Dan ada 3 (tiga) cara yang dapat kita praktekkan dalam hidup kita untuk membahagiakan sel tubuh :

1. Pupuklah Tubuh

Pola makan yang buruk akan menyebabkan sel tubuh kita tidak bahagia. Makanan yang kita santap sangat berperan penting. Makanan yang kaya akan nutrisi sangat dibutuhkan oleh otak untuk menjaga keseimbangannya. Kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi akan menyebabkan perasaan tidak bahagia karena tidak adanya keseimbangan hormon di dalam otak dan tubuh kita.

Meluangkan waktu untuk menjajaki  berbagai cara yang dapat digunakan untuk memupuk tubuh merupakan tindakan yang berharga yang akan memberikan manfaat besar bagi kebahagiaan anda, salah satunya adalah merobah pola makan yang selama ini tidak teratur dan tidak ‘sehat’.

 2. Bangkitkan Energi Tubuh

Untuk meraih keriangan yang alami dan menjaga keseimbangan dalam hidup, kita harus membangkitkan energi tubuh melalui istirahat yang cukup, bernafas dan berolah raga.

Tidur adalah cara alami untuk mengisi kembali baterai kita. Delapan jam tidur malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengembalikan energi tubuh yang sudah terkuras dalam bekerja. Konon katanya, jika anda merasa tidak bahagia, cobalah tidur sebelum jam 22.00 (yang idealnya jam 21.00) selama tiga malam berturut-turut, lalu perhatikan bagaimana perasaanmu.

Nafas kita adalah bahan bakar terpenting untuk memberikan tenaga bagi tubuh kita. Cara kita bernafas berkaitan erat dengan perasaan. Setiap kondisi perasaan memiliki pola pernafasan sendiri, disaat kita cemas, kita bernafas dengan cepat dan dangkal (terengah-engah), di saat sedih kita menarik nafas panjang dan dalam, di saat marah kita bernafas dengan letupan pendek-pendek dan kuat. Tetapi kaitan ini berfungsi sebaliknya juga; jika kita bernafas seolah-olah cemas, sedih dan marah, kita akan merangsang daerah di otak yang berkaitan dengan jenis perasaan itu dan dengan cepat kita akan mengalami perasaan tersebut. Jadi, ketika anda merasa gelisah atau cemas, cobalah menarik ‘nafas perut’ yang dalam sebanyak lima kali sampai sepuluh kali secara berturut-turut dan rasakanlah manfaatnya.

3. Selaraskan Diri dengan Kearifan Tubuh

Diri kita akan selaras dengan tubuh jika kita benar-benar mencintanya. Meskipun tubuh dengan pasti mengetahui apa yang terbaik bagi kita, sering kita tidak mau mendengarnya. Disaat kita mulai mencintai dan mempercayai kearifan tubuh kita, maka itu adalah awal persahabatan yang indah yang membuat sel tubuh kita lebih bahagia untuk selamanya.

Tahu kapan untuk istirahat, waktu untuk minum lebih  banyak air, untuk mandi atau berolah raga, kegiatan memberikan makanan bergizi untuk diri kita sendiri yang membuat diri kita seimbang, merupakan kebiasaan-kebiasaan yang harus kita pertahankan dan kembangkan dalam diri kita.

Disaat kita mulai memperlakukan diri kita sendiri dengan lembut, kita akan merasa semakin nyaman hidup dalam diri yang dibungkus oleh kulit kita, yang akan menunjang pengalaman kita untuk merasa lebih bahagia.

Langkah sebelumnya                                               Langkah selanjutnya

One Comment leave one →
  1. adalrico permalink
    Desember 4, 2008 9:42 pm

    lihat gambarnya..jadi pengen pijet…

    *perlu itu bos…manjakan diri sekali-kali*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: