Skip to content

Mendongkrak Page Rank haruskah menjadi “lapotuak”?

November 21, 2008

Komik “sakit” yang ditampilkan dalam sebuah blog di WP cukup menghebohkan beberapa hari ini, bukan hanya para blogger tapi sudah masuk ke dunia pertelevisian sehingga manambah heboh berita tersebut yang “menyudutkan” etnis Batak karena nama blog tersebut  memakai nama dalam bahasa Batak yang membuat gerah kuping mendengarnya, membuat sakit mata membacanya dan membuat hati geram yang tidak terlampiaskan terhadap pembuat blog tersebut.

Terimakasih buat saudara-saudara kita yang beragama Muslim yang dengan sangat arif dan dewasa dalam menanggapi blog yang menyesatkan tersebut, sehingga sampai saat ini kerukunan antar kita umat beragama masih kondusif di negara kita  yang sudah cukup “repot” mengurusi permasalahan yang ada yang tidak kunjung usai dan silih berganti.

Apabila kita “blogwalking”, cukup banyak kita lihat blog yang bagus dari segi tampilan, isi, penyajian berita dan lain sebagainya sehingga dapat mendongkrak page rank-nya (kalau memang itu tujuannya ngeblog). Dan satu alasan yang kita baca dari beberapa blog bahwa alasan blog “sakit” tersebut hanyalah untuk meningkatkan page rank, suatu alasan yang tidak mempergunakan pemikiran dan tidak memikirkan akibat yang akan ditimbulkannya kelak dalam masyarakat.

Dari beberapa blog yang saya kunjungi dan membandingkannya ada beberapa blog yang bagus perkembangannya karena :

1. Isi yang ditampilkan up to date dan menyentuh kehidupan sehari-harin serta berkesinambungan dalam memposting.

2. Tampilan yang bagus dalam penyajian dan pemakaian widget yang teratur.

3. Pemilik blog masih lajang apalagi ditambah dengan gravatar dengan wajah cantik atau ganteng.

4. Pemilik blog berada di luar negeri sehingga bisa memposting berita tentang tempat tinggalnya, dimana blogger lokal “haus” akan informasi tersebut.

5. Khusus untuk pemilik blog anak gadis biasanya akan banyak pengunjungnya disertai dengan tawaran.

6. Pemiliknya familiar dengan pengunjungnya dalam memberi tanggapan akan komentar.

7. Tanggap terhadap keinginan dan yang dibutuhkan pembaca, misalnya dengan menampilkan lowongan kerja dan lain sebagainya.

Nah…dari ke tujuh hal diatas dapat dijadikan pertimbangan untuk mengangkat page rank (dalam hal ini bukan menyuruh untuk berbohong atau membuat berita bohong dan pemalsuan akan identitas), namun hal-hal tersebut dapat dijadikan pertimbangkan dalam ngeblog, janganlah dengan menyinggung masalah SARA khususnya masalah agama yang sangat sensitif dalam memicu pertentangan di tengah-tengah masyarakat. Jangan lagi kita tambah penderitaan negeri ini dengan menambah masalah yang masih banyak yang belum tertuntaskan. Jangan ada lagi “lapotuak” yang lain dimasa yang akan datang khususnya dalam dunia blogger.Mari kita berbuat hal-hal yang dapat berguna bagi sesama dengan saling berbagi akan ilmu dan pengetahuan di dunia blogger ini dan hal positif lainnya.

Salam Damai !

6 Komentar leave one →
  1. November 21, 2008 1:56 am

    Saya setuju sekali dengan apa yang Lae sampaikan… saya Pribadi adalah Blogger anak bawang yang baru sebulan mulai ngeblog… tetapi saya bisa merasakan bahwa sebenarnya tergantung cara kita saja bergaul dengan saudara saudara kita yang non Batak… buktinya dengan menyebutkan Marga saya blak blakan dan tulisan tulisan saya yang selalu saya kaitkan dengan Batak… mereka faham kalau saya ini Batak sejati….tetapi cukup banyak teman teman yang mau berkomunikasi dengan akrab di Blog saya….

    Betul itu Lae, saya sendiri sangat “menikmati” perbedaan agama ini, dalam pekerjaan kalau hari besar keagamaan kami selalu bergantian sehingga kita bisa full libur. Lingkungan juga warga muslim samapai saat ini dan mudah2an seterusnya kita baik2 aja sama saudara kita yang muslim begitu juga sebaliknya. Makasih kunjungan Lae sian “luat na dao” di blog “ala kadarnya” ini

  2. tanobatak permalink
    November 21, 2008 2:52 pm

    Itu memang pekerjaan memalukan. Dampaknya dapat mendiskreditkan batak. Sudah lama mereka itu jadi pengacau baik bagi sesama blogger batak. Sering mencaci maki orang batak sendiri bila menanjak di dunia blogger. karena itu saya mewajibkan komentator di blog tanobatak harus memiliki nama jelas atau nama blohnya yang menerakan identitas pemiliknya.

    Teman kita blogger tobasa yang pernah populer pernah dikacau group pengacau ini. Mereka juga tega menyerang pribadi seseorang melalui komentar. Mereka gemar mempalak nama populer di .com agar dapat dijual dengan tawaran tinggi.

    Banyak halak hita menjadi emosional menghadapi perseteruan perbedaan pendapat.

    kayaknya spritualitas manusia seperti itu sudah kacau, atau bagaimana ya. Teganya mereka menyakiti hati orang lain. Kuharapkan polisi menemikan dalang pengacau itu, bersihkan nama batak, hindarkan kebencian kepada batak. Jangan sampai bloger di wordpress jadi korban.

    Hasian dan Mekkel begitu turun gunung kan langsung getop. Mari, kita blogger batak melakukan pencerahan, pencerdasan dan membangun persahabatan kepada siapa saja.

    OK..Bang setuju, kita disini bukan mencari lawan tapi mencari kawan dan memperluas pergaulan serta menambah pengetahuan, seperti istilah halak hita “persahabatan itu penting kemanapun melangkah tidak akan kelaparan”

  3. bitramindo permalink
    November 23, 2008 12:33 am

    Salam Lae… betul kata Lae… negara ini sedang susah makanya jangan lagi diperparah dengan urusan yang bikin malu dan bikin panas…

    Bloger sejati tentunya berani bertanggung jawab, bukan pengecut yang bisanya cuma acak2 kerukunan saja

    Siapapun dan apapun kalau tidak di provokasi kan tidak akan mengamuk ya Lae.. contohnya lebah, kita ada dibawah sarangnya asal gak macem2 kan tuh lebah gak bakalan nguber2 kita…

    Ok Lae… makasih udah boleh mampir… kapan waktu mampirlah ke http://bitramindo.wordpress.com

    |Satriyana|http://bitramindo.wordpress.com|

  4. November 24, 2008 1:22 am

    Akhirnya semua kembali kepada yang mpunya diri…
    apapun yang dimunculkan , kalau kita bisa lebih jernih dan arif menyikapi..malah bisa diambil hikmah.
    paling tidak dengan kasus tersebut umat muslim membangun komunikasi..
    bagaimana merangkul umatnya..

    Horas…

    COMING SOON…
    “INANG” THE MOVIE…
    PLEASE CLICK —–> http://inang.blogdetik.com………
    THANKS FOR YOUR ATTENTION
    Regard,
    M.NATSIR
    IBAR Pictures
    PT Cahaya Kristal Media Utama
    Rumah Gaharu Jl. Gaharu Terusan I No.5A
    Cilandak Barat, Arteri P.Antasari Jakarta 12430
    Telp. +62-21-7581 7777
    Fax. +62-21-7591 7747

    Makasih attn-nya n kunjungannya.

  5. November 26, 2008 1:00 pm

    Saya juga sungguh menyesalkan orang yang membuat kerusuhan bagi para blogger Batak. Sungguh tidak tahu malu orang-orang itu [kalo mereka betul orang Batak] – Mereka berani memakai nama lapotuak, sementara mereka mungkin tidak tahu filosofi lapo tuak itu bagi orang Batak.

    Itulah yang sedikit bikin saya mulai males update blogku, lae. Kok, kita udah dikasih gratisan bisa belajar berani untuk “kebolehan” sebagai junalis “ecek-ecek” atau sebagai tempat belajar mencurahkan pendapat dengan postingan, eehh, malah ada manusia kadal seperti mereka itu. Saya pikir mereka itu Batak palsu…

    *Jgn sampai malas lg Lae, setidaknya masih banyak teman2 yang butuh kawan untuk saling berintraksi lewat blog, berbagi pengalaman, pengetahuan dan hal positif lainnya, seperti Lae bilang jadi jurnasli ‘ecek2’ itu betul bagi saya, saya nggak pernah menulis, tapi dgn adanya blog ini..ternyata ada juga yang baca. Dengan adanya hal2 yang positif dari kita, persepsi (negatif) saudara kita umat Muslim akan suku Batak akan terobati*

  6. November 26, 2008 3:57 pm

    Betul, Pak.. Saya setuju..
    Agak malu juga saya karena awal-awal nge-blog punya niat yg tdk bagus sebenarnya. Yakni ingin membuat “kontroversi”, tetapi seiring waktu berjalan saya mendapati alangkah lebih menyenangkan bisa berbagi sesuatu yg baik dengan orang banyak.
    Itulah tujuan nge-blog.

    Trim’s.😉
    *Bah…Horas,mauliate borukku!(coz km panggil pak) dikunjunganmu, niat itu jgn diteruskan ya, blogmu dh bagus,ditingkatkan lagi. yg aku g setuju ‘username’, hell=neraka klo km setuju ini aja d Helda waTY SIhombNG=HATY SING (kira2 hati yang selalu bernyanyi atau ceria) Gimana?, kapan balik lagi ke Pekanbaru?*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: