Skip to content

Merasakan Bebek Bertelor

November 13, 2008

Pada umumnya, apabila sudah selesai ujian Ebtanas dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebihtinggi pelajar dari Muara akan langsung berangkat ke Medan, baik untuk sekedar berlibur, mengunjungi keluarga, mencari informasi maupun untuk bimbel sebagai persiapan untuk mengikuti SIPENMARU (dulu).

Demikian juga halnya dengan Jongkas, begitu tamat dari esema dia langsung berangkat ke kota Medan untuk mendaftarkan diri mengikuti Sipenmaru. Ia menaiki CV Muara Nauli menjuju Medan, yang rencananya akan langsung ke rumah namborunya (bibi) di daerah Padang Bulan Medan. Biasanya bus yang berangkat dari Muara akan berhenti di Terminal Prapat untuk makan. Jongkas-pun pada saat itu makan-lah di sana dengan lahapnya (sekalian merasakan pergantian menu, maklumlah menu selama ini di kampung, ingkau gadong + gambas “ ipe ulu na do” + aek las na marlasiak ahh…sodapnai).

Setelah siap makan Jongkas duduk di bangku panjang yang ada di luar warung itu, beberapa saat kemudian datanglah Ibu-ibu menawarkan telur, terjadilah pembicaraan diantara mereka :

Penjual Telur (PT) : “Tooolor ito” ! (telor dek)

Jongkas (J) : “Daong inang” (nggak bu)

PT : “Mura do ito, buat ma jolo sada asa adong anon allangonmu di dalan, dao dope Medan, laho tu Medan do kan ito?” ( Murah-nya dek, belilah dulu satu biar ada nanti kamu makan dalam perjalanan ke Medan, mau ke Medan kan dek?)

J : “Ai sadia huroha sada inang” (berapa rupanya satu bu)

PT : “Dua ribu lima ratus do ito sada” (Rp. 2500-nya dek satu butir)

J : “Bah…paargahu do i inang” (terlalu mahal itu bu)

PT : “Daong ito nungnga mura i, buat ito ma jolo sada” (Nggak dek itu sudah murah, beli-lah dulu satu)

J : “Daong inang paargahu do i” (Nggak bu terlalu mahal itu)

PT : “Eeee..ee..ee, sai arga do ninna itoanon, nungnga mura binahen, NASO DI HILALA HO DO ITO BOHA BIBI I MANOLORHON ON” (Eee.ee.ee, mahal adek bilang, sudah sangat murah ini, NGGAK ADEK RASAKAN GIMANA BEBEK ITU MENGELUARKAN TELORNYA INI) dengan nada dan wajah kesal meninggalkan Jongkas.

J : (Termenung, kesal dan tidak bisa ngomong ……..????)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: