Skip to content

Mari, Ukur Kadar Cinta Anda!

Januari 25, 2009

Senangnya bila Anda selalu mampu membangun hubungan yang hangat dan mesra. Agar cinta anda selalu membara, ukur dulu kadar cinta Anda kepada Si Dia. 

Pernahkah mencoba mengukur, seberapa besar dan dalamnya cinta Anda pada pasangan dan begitu pula sebaliknya? Sebetulnya caranya tak sulit-sulit amat. Anda cukup membuat daftar pertanyaan dan pernyataan lalu masing-masing menjawabnya. Ya, semacam kuis tapi bukan 100 persen kuis.

Tujuannya? Untuk membantu Anda mengetahui hal-hal yang mendekatkan Anda berdua dan sebaliknya. Tak ada jawaban yang benar ataupun salah, dan tidak ada nilai atas jawaban yang Anda berikan. Daftar ini dibuat hanya untuk membuat Anda lebih menyadari kelebihan diri sebagai individu dan pasangan. Bukan untuk melihat kelemahan Anda atau menimbulkan pertengkaran!

Nah, sudah siap? Bacalah daftar di bawah ini dan beri angka pada setiap pertanyaan. Bila pertanyaan tidak berlaku bagi Anda, lewati. Anda dapat melakukannya berdua pasangan, atau bila ingin melakukannya sendiri-sendiri pun, boleh saja.

Untuk setiap jawaban

TIDAK PERNAH = 1, KADANG-KADANG = 2, HAMPIR SETIAP SAAT = 3, dan SELALU = 4. Jika ingin mengisinya berdua, buatlah dua lajur jawaban. Tuliskan di atasnya Pasangan 1 dan Pasangan 2 sehingga Anda berdua bisa melihat skor masing-masing. Selamat mencoba!
 
Daftar Pertanyaan: 
  1. Seberapa sering Anda bersantai bersama pasangan? 
  2. Seberapa sering Anda memperlihatkan perhatian kepada pasangan?
  3. Seberapa sering Anda merasakan kedekatan hubungan dengan pasangan?
  4. Kapan Anda menjadikan hubungan Anda sebagai prioritas utama? 
  5. Seberapa sering Anda meluangkan waktu hanya berduaan saja dengan pasangan? 
  6. Seberapa sering Anda membiarkan pasangan menikmati kesendiriannya? 
  7. Dapatkah Anda mengatakan „tidak“ pada pasangan tanpa perasaan bersalah? 
  8. Dapatkah Anda melihat segala sesuatu dari sisi pasangan, bahkan pada saat Anda sedang berselisih paham?
  9. Apakah Anda membantu pasangan bila ia sedang sedih atau gembira?
  10. Dapatkah Anda menghargai ritme dari hubungan Anda, naik-turunnya hubungan, serta perubahan yang terjadi tanpa perasaan marah?
  11. Apakah Anda menganggap pasangan sederajat dengan Anda? 
  12. Apakah Anda menggunakan nama binatang piaraan Anda atau panggilan sayang untuk pasangan (misalnya Si Manis)? 
  13. Seberapa sering Anda memberi sentuhan sayang (memeluk, menggandeng, dan mengecup)?
  14. Seberapa sering Anda mempedulikan diri dan kebutuhan sendiri? 
  15. Dapatkah Anda menerima dengan terbuka perbedaan-perbedaan pandangan Anda dan pasangan?
  16. Apakah Anda dapat menerima kelemahan yang dimiliki pasangan?
  17. Seberapa sering Anda memberikan perhatian kepada teman-teman, keluarga, dan komunitas di mana Anda tinggal?
  18. Seberapa sering Anda berbuat sesuka hati Anda?
  19. Seberapa sering Anda bermain dan bercanda bersama pasangan?
  20. Seberapa sering Anda memperhatikan sisi spiritual pribadi dan pasangan?
  21. Seberapa sering Anda berdua saling memberikan kepercayaan? 
  22. Dapatkah Anda memaafkan pasangan bila ia telah menyakiti hati Anda? 

Buat Daftar 

Nah, setelah menjawab semua pertanyaan dan pernyataan tadi, tergantung Anda, apakah mau membicarakan atau membahas perolehan hasil dan mengambil kesimpulan dari ketidakcocokan yang terlihat. Apakah pertanyaan yang Anda jawab dengan TIDAK PERNAH akan diperbaiki? Yang jelas, beri ciuman dan ucapan selamat pada masing-masing pasangan untuk setiap jawaban SELALU.

Dan sekali seminggu, setiap kali pasangan melakukan kebaikan terhadap Anda, catat dan tempelkan di daftar nilai Anda. Setiap pasangan memang perlu daftar nilai dan tempelkanlah di tempat-tempat yang sering terlihat. Entah di dekat kalender, samping telepon, dinding meja kerja, atau kulkas. Tapi ingat, jangan jadikan hal ini sebagai kompetisi, melainkan sebagai ajang penghargaan.

Sekali sehari, usahakan memilih satu pernyataan dari daftar pasangan yang ingin Anda lakukan. Jangan katakan kepadanya, mana yang akan Anda lakukan. Berikanlah kejutan! Setelah dua minggu, sisihkan waktu untuk membahasnya bersama tentang hasil yang dirasakan. Pusatkan perhatian pada hal-hal yang disukai dan yang tidak disukai pasangan. Tanamkan pada diri sendiri sehingga tahu, apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak untuk orang yang Anda cintai.

Selamat Menikmati dan Terimakasih CINTA!

Aline/Kompas.com 

26 Komentar leave one →
  1. Januari 26, 2009 7:51 pm

    Tadi udah mau ku ambil meteran buat ngukur….
    hehehe……

    Mungkin saat ini belum bisa ku jawab. Karena mulai hari ini aku akan catat daftar pertanyaan di atas. Wah… bikin PR nich ito Eston….?

    *Asyik do kan Ito? PR nahubahen on! (Kira2 bisalah kubayangkan itu dalam angan2) Husiphon tu au annon ito..hasilna da?*

  2. Januari 26, 2009 10:55 pm

    OOOO…HAMU ANGKA DONGAN BATAK, JAHA HAMU ON DABO…AI ANTAR NA MAOL DO ON BINERENG DI ULAHON ANGKA KELUARGA NI HALAK HITA TARLUMOBI ANGKA DONGAN NAMAGODANG SIAN HITA AN, BOHA DO SOSSSOK DO DI ROHA MUNA?

  3. easter permalink
    Januari 27, 2009 4:11 pm

    ideal sekali…

    *Mau..?*

  4. Januari 29, 2009 10:22 pm

    Pengen sih ngebahas pertanyaan yg saya baca di atas, Bang..
    Tapi, dia jauh.. :(

    Sekarang saya sedang merasakan yg namanya Long Distance Relationship.

  5. Januari 29, 2009 10:22 pm

    Jd ingin merasakan yg disebutkan di pertanyaan-pertanyaan di atas. :oops:

    *Yah ampun, koq tulisan ini menjadikan Helda jadi sedih! Maafkan diriku Helda :)*

  6. sasha permalink
    Oktober 15, 2009 9:58 am

    yaw ampun ribet banget c????

    *Cinta itu memang……….ribet*

  7. November 29, 2009 10:38 am

    po g ccok kbeh mmbu huuuu

    *???*

  8. chilvie mutzz permalink
    Desember 30, 2009 5:35 pm

    bEnEr jG teRxTa….
    soUlUt deCh buAt yG biKIn…..
    thX,,dAh bNtu Q………..

    *Yup!*

  9. isna nurafrydah permalink
    Februari 10, 2010 8:05 pm

    aku bingung niyyyy

  10. isna nurafrydah permalink
    Februari 10, 2010 8:08 pm

    aku bingung ,,,,
    kadang cinta buat aku pusing.
    aku gak ngerty apa arty setia?????

  11. GITA CANTIK permalink
    Februari 23, 2010 8:17 pm

    AKU , , , , percay4 dgn y9 namx k3ajaibn c1nta

  12. Juni 13, 2010 2:24 pm

    wah jd pngen niech………………..

  13. Januari 4, 2011 1:29 pm

    lieka dan budi

  14. nadia permalink
    Februari 6, 2011 3:27 pm

    cinta itu penuh pengorbanan

  15. Februari 13, 2011 1:19 pm

    cinta itu penuh dengan perasaan yang sakit

  16. Maret 3, 2011 8:59 pm

    cinta namuh ilang kamli lagi

  17. indri any permalink
    April 8, 2011 7:33 pm

    cinta itu ribet,,,, ribet,,,, ribet……..

  18. Mei 6, 2011 11:31 am

    mana ribet

  19. Mei 21, 2011 4:19 pm

    hhahAhaHahaa m

  20. agung permalink
    Juni 7, 2011 12:19 pm

    wawawawawawawa

  21. Agustus 8, 2011 9:42 pm

    Wah .?aku pengen keajaiban itu datang kepadaku

  22. November 20, 2011 6:45 am

    tipssnya keren…….

    meski kita ini gag pacaran tapi aku sayang banget ama kamu kak qaby….
    kata-kata yang selama ini yang aku pingin ucapin ke kamu “puput sayang ke kk qalby”

    sayangnya ini bukan sayng adik kelas ke kakak kelas melainkan sayang sebagai pasangan……

  23. fitri permalink
    November 22, 2011 3:05 pm

    ku sangat ingin memiliki nya

  24. November 27, 2011 8:27 pm

    BISA TERJAMIN NGGAK NIH ? NANTI YANG ADA PUTUS LAGI. HEHEHEHE

  25. irfanfelani permalink
    Juni 13, 2012 3:25 pm

    PGeN punya cewex

  26. Juni 29, 2012 8:17 am

    hhhhhmmmmmmbbbbbbbbbb…………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: